photo Tshirt amp Merchandise_zpsmqssawah.png

Merchandise Efektifkah ??


  Sekarang ini semakin banyak perusahaan baru bermunculan seiring dengan pertumbuhan penduduk indonesia yang terus berkembang, dengan kata lain semakin banyak persaingan bisnis yang terjadi. dan demi memenangi persaingan tersebut berbagai macam cara dilakukan untuk mendongkrak laba perusahaan dan salah satunya yang masih digunakan sampai saat ini yaitu memberikan gift atau souvenir kepada para pelanggan mereka, ini dilakukan dengan tujuan supaya bisa lebih mendekatkan diri secara "personal" sehingga customer merasa diperhatikan dengan baik. 

dan itu bisa dilihat dari ragam souvenir yang cenderung memang lebih  "dekat" dengan mereka seperti contoh bolpoint, alat tulis ini bisa memberikan kedekatan tersebut karena sifatnya yang selalu dibutuhkan untuk menulis dan contoh lainnya adalah pakaian. dan sudah jelas kita membutuhkan pakaian bukan? tetapi yang perlu diperhatikan untuk pembuatan merchandise ini adalah kualitasnya kenapa begitu? sederhananya kalau kita sedang membutuhkan bolpoint untuk menulis ternyata tidak bisa dipakai karena tintanya sudah kering atau tiba2 tinta macet, demikian juga dengan pakaian, kalau dipakai tetapi tidak menyerap keringat karena dibuat dari material dengan kualitas rendah maka yang terjadi mereka membuangnya saja, masih beruntung kalau disimpan tetapi akan menjadi sangat tidak efektif apabila tidak dipakai toh yang terjadi mereka membuangnya juga.nah inilah yang perlu diperhatikan yaitu bagaimana souvenir yang diberikan memang benar2 akan dimanfaatkan dengan baik oleh customer, ini begitu penting bagi yang memilih strategi merchandise sebagai  alat promosi. 

kriteria yang diperlukan supaya trik pemasaran yang satu ini bisa sangat efektif adalah: yang pertama dengan memilih material bahan yang berkualitas, yang kedua: design yang cukup menarik, ketiga: azas manfaat yang besar dalam penggunaannya. saya berikan contoh di luar negeri ada perusahaan yang bergerak dibidang jual beli sepeda sekaligus bengkel, mereka membuat kartu nama dari material besi/logam yang bisa dimanfaatkan sebagai pembuka sekrup dan baut sepeda, menarik bukan? kartu nama tersebut berbentuk segi empat tipis layaknya kartu nama biasa tetapi ada beberapa lobang berbentuk kunci pembuka sekrup dengan dua ukuran di tengahnya dan itu benar2 bisa dipakai untuk membuka baut. idenya sangat sederhana tetapi sangat briliant apabila yang digunakan adalah sebuah kartu nama.dan itu semua sudah mencakup 3 hal yang saya sebutkan diatas, bisa anda bayangkan kartu nama terbuat dari logam/besi?? cukup mahal bagi kita di indonesia tetapi kalau dilihat dari ide dan manfaatnya tentu orang akan sangat aware dengan hal seperti ini. 

Dan pada umumnya perusahaan2 sekarang ini lebih mementingkan banyaknya souvenir yang bisa diberikan dengan harapan semakin banyak orang yang bisa diberi maka semakin banyak pula orang yang mengenal perusahaannya, ini bisa jadi sangat tidak efektif apabila tidak mengindahkan 3 hal diatas, sederhananya, 1000 bolpoin macet dengan 1 buah kartu nama pembuka sekrup mana yang lebih baik? meskipun kartu nama tersebut mungkin hanya dibuat tidak terlalu banyak tetapi orang pasti sangat enggan untuk membuangnya, sejelek jeleknya mereka pasti menyimpannya

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar