Sekarang ini semakin banyak perusahaan baru bermunculan
seiring dengan pertumbuhan penduduk indonesia yang terus berkembang, dengan
kata lain semakin banyak persaingan bisnis yang terjadi. dan demi memenangi
persaingan tersebut berbagai macam cara dilakukan untuk mendongkrak laba
perusahaan dan salah satunya yang masih digunakan sampai saat ini yaitu
memberikan gift atau souvenir kepada para pelanggan mereka, ini dilakukan
dengan tujuan supaya bisa lebih mendekatkan diri secara "personal"
sehingga customer merasa diperhatikan dengan baik.
dan itu bisa dilihat dari
ragam souvenir yang cenderung memang lebih
"dekat" dengan mereka seperti contoh bolpoint, alat tulis ini
bisa memberikan kedekatan tersebut karena sifatnya yang selalu dibutuhkan untuk
menulis dan contoh lainnya adalah pakaian. dan sudah jelas kita membutuhkan
pakaian bukan? tetapi yang perlu diperhatikan untuk pembuatan merchandise ini
adalah kualitasnya kenapa begitu? sederhananya kalau kita sedang membutuhkan
bolpoint untuk menulis ternyata tidak bisa dipakai karena tintanya sudah kering
atau tiba2 tinta macet, demikian juga dengan pakaian, kalau dipakai tetapi
tidak menyerap keringat karena dibuat dari material dengan kualitas rendah maka
yang terjadi mereka membuangnya saja, masih beruntung kalau disimpan tetapi
akan menjadi sangat tidak efektif apabila tidak dipakai toh yang terjadi mereka
membuangnya juga.nah inilah yang perlu diperhatikan yaitu bagaimana souvenir
yang diberikan memang benar2 akan dimanfaatkan dengan baik oleh customer, ini
begitu penting bagi yang memilih strategi merchandise sebagai alat promosi.
kriteria yang diperlukan supaya
trik pemasaran yang satu ini bisa sangat efektif adalah: yang pertama dengan
memilih material bahan yang berkualitas, yang kedua: design yang cukup menarik,
ketiga: azas manfaat yang besar dalam penggunaannya. saya berikan contoh di
luar negeri ada perusahaan yang bergerak dibidang jual beli sepeda sekaligus
bengkel, mereka membuat kartu nama dari material besi/logam yang bisa
dimanfaatkan sebagai pembuka sekrup dan baut sepeda, menarik bukan? kartu nama
tersebut berbentuk segi empat tipis layaknya kartu nama biasa tetapi ada
beberapa lobang berbentuk kunci pembuka sekrup dengan dua ukuran di tengahnya
dan itu benar2 bisa dipakai untuk membuka baut. idenya sangat sederhana tetapi
sangat briliant apabila yang digunakan adalah sebuah kartu nama.dan itu semua
sudah mencakup 3 hal yang saya sebutkan diatas, bisa anda bayangkan kartu nama
terbuat dari logam/besi?? cukup mahal bagi kita di indonesia tetapi kalau
dilihat dari ide dan manfaatnya tentu orang akan sangat aware dengan hal
seperti ini.
Dan pada umumnya perusahaan2 sekarang ini lebih mementingkan
banyaknya souvenir yang bisa diberikan dengan harapan semakin banyak orang yang
bisa diberi maka semakin banyak pula orang yang mengenal perusahaannya, ini
bisa jadi sangat tidak efektif apabila tidak mengindahkan 3 hal diatas,
sederhananya, 1000 bolpoin macet dengan 1 buah kartu nama pembuka sekrup mana
yang lebih baik? meskipun kartu nama tersebut mungkin hanya dibuat tidak
terlalu banyak tetapi orang pasti sangat enggan untuk membuangnya, sejelek
jeleknya mereka pasti menyimpannya
This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
0 komentar :
Posting Komentar